Perusahaan Minyak Sudah Tidak lagi Mendominasi Daftar Perusahaan Paling Bernilai

Sepuluh tahun lalu, Perusahaan minyak mendominasi daftar perusahaan paling berharga di seluruh dunia, akan tetapi saat ini hal tersebut sudah berubah karena satu per satu perusahaan minyak tersebut sudah tergusur dari daftar perusahaan paling berharga di dunia digantikan oleh perusahaan teknologi.

Data 10 tahun llay tepatnya pada tahun 2006 menempatkan Exxon Mobile yang merupakan perusahaan minyak dan gas sebagai perusahaan paling bernilai. Nilai perusahaan tersebut mencapai 362,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.903 triliun.
perusahaan-minyak-sudah-tidak-lagi-mendominasi-daftar-perusahaan-paling-bernilai
Tidak hanya Exxon Mobile, masih terdapat perusahaan minyak dan gas lainnya seperti British Petroleum atau dikenal dengan BP dengan nilai 225,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.055 triliun dan Royal Dutch Shell yang bernilai 203,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.752 triliun.

Selain perusahaan minyak terdapat juga perusahaan konglomerasi General Electrics, Microsoft dan yang terakhir adalah Citigroup. Dari daftar tersebut hanya Microsoft sendiri yang mewakili perusahaan teknologi yang berada di posisi 5 besar pada daftar 2006 lalu. Nilai perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut mencapai 279 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.774 triliun.

Beralih ke tahun 2016atau saat ini. Dari daftar yang berada di 5 besar tahun 2006 lalu hanya otomatis menyisakan Microsoft saja sedangkan 4 nama perusahaan tersebut telah diganti oleh perusahaan lain dan hampir semua perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Saat ini yang menempati posisi puncak adalah Apple dengan nilai 571,4 miliar dollar AS diikuti oleh Aplhabet atau Google dengan nilai 530,6 miliar dollar AS. Pada posisi ketiga terdapat Microsoft dengan nilai 445,5 miliar dollar AS, Amazon dengan nilai 362, 4 miliar dollar AS, Exxon Mobil yang merupakan hanya satu-satunya perusahaan non-teknologi di daftar ini dengan nilai 356 miliar dollar AS dan yang terakhir adalah perusahaan social media Facebook dengan nilai 355,6 miliar dollar AS.