Pertama Kali, Apple Diprediksi Akan Salip Microsoft Tahun Ini

Selama berdekade-dekade, angka penjualan total perangkat komputer digabungkan dengan gadget Apple tidak pernah dapat melewati kompetitor mereka Microsoft. Namun hal ini akan segera berubah. Lembaga riset pasar Gartner menghitung bahwa pengapalan perangkat Apple yang terdiri dari komputer berbasis Mac OS dan gadget dengan iOS akan melewati Microsoft untuk pertama kalinya pada 2017 ini.

Gartner juga memperkirakan bahwa angka penjualan total Apple akan semakin jauh meninggalkan Microsoft pada tahun-tahun berikutnya. Walaupun mengalami penurunan pada tahun 2016 lalu, lembaga riset tersebut menyebutkan bahwa pengapalan perangkat Apple akan kembali tumbuh pada tahun 2017 ini akan mencapai 268 juta unit sementara itu Microsoft hanya sanggup mengapalkan sebanyak 252 juta unit.
Pertama Kali, Apple Diprediksi Akan Salip Microsoft Tahun Ini
Selisih pengapalan produk Apple dan Microsoft akan semakin melebar hingga mencapai 27 juta unit pada 2019 mendatang. Pnegapalan perangkat Apple tersebut akan tumbuh dari 2017 hingga 2019, berbeda dengan Microsoft yang cenderung stagnan karena mengalami kesulitan dalam pasar perangkat mobile seperti smartphone.

“Pasaran perangkat secara global akan mengalami staganansi dan tidak mengalami pertumbuhan akan tetapi Apple cenderung lebih mudah untuk merebut pangsa pasar karena sudah cenderung dikenal pada pasar perangkat mobile,” kata Gartner Ranjit Atwal. Gartner juga menyampaikan bahwa menurunnya pengapalan Microsoft juga terkena imbas dari turunya pasar PC sehingga pangsa pasar yang didominasi oleh Microsoft selama berdekade-dekade dan juga masih akan mereka dominasi tidak dapat menutup keunggulan Apple di pasar mobile.

Walaupun akan melewati Microsoft, jumlah pengapalan APple masih kalah dibawah Android. Selama 2016, terdapat 2,3 miliar perangkat yang dikapalkan dan Apple hanya menguasai 11,2 persen.