Note 7 Kalah iPhone 7 Laris Manis

Jakarta – Kematian produ flagship Samsung Note 7 yang dihentikan produksinya oleh Samsung telah diprediksi akan berbuah berkah bagi Apple. Hal itu terlihat dari angka penjualan iPhone 7 yang sangat tinggi di Korea Selatan, dimana merupakan negara asal Samsung.

Seperti dikutip oleh detikINET dari ZDNet, pada hari Senin (24/10/2016), iPhone 7 telah mulai dijual resmi di Korsel pada tanggal 21 Oktober yang lalu. Sejak saat itu juga, sudah lebih 200 ribu unit iPhone 7 terjual di negeri ginseng tersebut.

Operator SK Telecom dan juga KT telah memprediksi iPhone 7 akan terjual hingga tembus 300 ribu unit sampai akhir bulan ini saja. Angka tersebut diprediksi kurang lebih sama dengan angka penjualan Note 7 di Korea Selatan ketika juga mulai dipasarkan pada bulan Agustus lalu.

Penjualan smartphone premium di Korea Selatan sendiri sempat melemah karena absennya Samsung Note 7. Kini kedatangan dari iPhone 7 kembali menggairahkan sekali minat warga di sana untuk segera membeli smartphone high end tersebut. Sedangkan Samsung sendiri saat kini berusaha mempromosikan kembali Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge miliknya.

LG juga baru saja ikut memasarkan flagship terbarunya yaitu V20 di Korsel. Sejak awal pemasarannya, V20 dikatakan telah terjual 3.000 unit per hari. Semenjak Samsung Note 7 dihentikan pemasarannya, unit LG V20 yang terjual sudah meningkat jadi 7.000 per hari.

Warga Korea Selatan sendiri juga tentu sedikit banyak menaruh perhatian pada tragedi atas Samsung Galaxy Note 7. Sebagian besar yakin Samsung akan dapat melewati krisis tersebut.

“Semua perusahaan manufaktur di dunia, termasuk juga di Amerika dan Jepang, pernah membuat kesalahan. Yang paling penting adalah bagaimana Anda belajar dan segera move on. Samsung sih juga selalu begitu,” kata Park Bo yeon, seorang warga negara di sana.

Dia juga ikut menilai krisis Samsung Note 7 juga terlalu dibesar-besarkan oleh media Amerika Serikat. Meski agak sedikit kecewa karena Samsung belum menjelaskan perihal secara detail penyebab terbakarnya ponsel Samsung Note 7, dia memuji langkah perusahaan besar itu untuk segera menghentikan produksi Samsung Note 7 untuk mencegah jatuh korban yang lebih banyak lagi.