Mengapa Google Pixel Tidak Mempunyai Fitur Anti Air

Jakarta – Salah satu dari fitur yang tidak dimiliki oleh ponsel Google Pixel dan juga Pixel XL adalah fitur waterproof. Hal ini tentu masih disayangkan oleh banyak pihak karena banyak ponsel sejenis dari pesaingnya yang telah memiliki fitur ini.

Akhirnya baru-baru ini terungkap alasan mengapa Google tidak membenamkan fitur anti air tersebut ke dalam ponsel jagoan terbarunya itu. Hal ini disebabkan oleh mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk menambahkan fitur anti air ini.

Adalah Kelsey McClellan dari laman Wired yang telah mengungkap hal ini dalam podcastnya itu. Ia mengaku mengetahui perihal ini setelah berbicara dengan salah seorang perwakilan dari Google, demikian seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, pada hari Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, Google sebenarnya juga dan sudah mulai mengerjakan ponsel anyarnya ini sejak lama waktunya. Namun pada akhir tahun 2015 mereka memutuskan untuk mendesain ulang kembali dan mengerjakan semuanya dari awal kembali.

Sehingga Google hanya mempunyai waktu 9 bulan untuk mengerjakan Google Pixel dan juga Pixel XL, dan waktu ini disebut tidaklah cukup untuk mendesain sebuah ponsel baru. Sehingga akhirnya Google harus berkompromi dan salah satu fitur yang mereka hilangkan adalah ketahanan ponsel tersebut dari air.
Google Pixel dan Pixel XL hanya akan mempunyai sertifikasi IP53, yang artinya ponsel ini hanya akan tahan terhadap percikan air atau debu. Sebagai perbandingan saja, sejumlah ponsel pesaingnya seperti halnya iPhone 7 dan Galaxy S7 telah mempunyai sertifikasi IP67 dan IP68 yang membuat produk tersebut bisa direndam di dalam air selama jangka waktu tertentu.

Dengan alasan logis seperti ini, Google akhirnya sudah jelas mempunyai niat untuk memberikan tambahan fitur tahan air ke ponsel buatannya itu, yang mungkin akan mereka terapkan kembali di ponsel penerus Pixel saat nanti dirilis di masa mendatang.