iPad Harus Waspada Terhadap Surface

Jakarta – Meskipun masih banyak pihak yang meragukan, agaknya eksistensi tablet Surface buatan Microsoft ini nyatanya masih terus berlanjut. Bahkan, di generasinya yang telah keempat ini, penjualannya ini juga makin meningkat. Agaknya Apple sepertinya harus lebih mewaspadainya.

Seperti dikutip dari Digital Trends, pada Minggu (23/10/2016), kemunculan dari Surface Pro 4 telah juga memberikan peningkatan hingga mencapai 38% untuk penjualan perangkat dari Microsoft, dibandingkan tahun 2015 lalu.

Tetapi angka tersebut memang tidaklah diraih Surface Pro 4 sendirian saja. Terdapat juga Surface Book dan juga Surface 3 yang ikut memberikan andil. Menurut laporan dari Microsoft, kombinasi dari Surface Book, Surface Pro 4, dan juga Surface 3 telah memberikan pemasukan hingga sebesar USD 926 juta untuk kuartal III tahun 2016.

Angka tersebut diketahui meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu senilai USD 672 juta. Adalah produk Surface Book dan juga Surface Pro 4 yang telah memberikan kontribusi paling besar.

Namun memang, tercatat kebanyakan konsumennya masih berasal dari korporasi, ketimbang dari individu. Meskipun demikian, pencapaian Microsoft ini telah berhasil melawan arus pasar tablet yang telah cenderung melambat. Seperti diketahui tablet sekelas iPad yang dikenal laris pun tak luput juga dari melemahnya pasar tablet tahun 2016 ini.

Sementara Microsoft, masih belum akan berhenti. Setelah sukses dengan produk Surface Book yang secara tak langsung menantang kepiawaian MacBook Air, kabarnya juga perusahaan yang bermarkas di Redmond, Washington, Amerika Serikat ini juga tengah dan masih menyiapkan Surface All-in-One yang juga akan menjadi penantang dari iMac. Perangkat tersebut juga konon akan diungkapkan oleh Microsoft pada 26 Oktober yang akan mendatang.